Wartawan WIP dilengkapi dengan kartu identitas, pin, surat tugas liputan dan tercantum dalam box redaksi. Bagi yang tidak dilengkapi dengan identitas resmi dan namanya tidak tercantum dalam box, redaksi tidak bertanggung jawab

22 November 2012

DANA BOS UNTUK SMP BANYAK DISALAHGUNAKAN


MAJALENGKA, WIP
Bantuan Oprasional Sekolah adalah bantuan yang di salurkan pemerintah untuk menunjang pendidikan, adapun peruntukannya ada 13 poin yang ada dalam juklak dan juknis nya, salah satunya adanya himbauan sekolah bebas pungutan, tapi kenyataanya berbeda, salah satunya  untuk menunjang kegiatan pramuka bahwa untuk biaya transport dan mamin (makan dan minum ), dana sudah di tanggung oleh dana BOS untuk peserta dan panitia, yang kisaranya untuk setiap siswa mendapat bantuan  BOS sebesar Rp. 710.000/siswa dalam satu Tahun Anggaran.
Akan tetapi dalam setiap kegiatan pramuka, siswa selalu di bebani biaya dengan dalih untuk transport dan mamin. Pada  Tahun Anggaran 2011 di lapangan di temukan adanya pungutan di antaranya di wilayah UPTD Leuwimunding, Jatiwangi, dan Jatitujuh dengan kisaran Rp. 20.000 sampai Rp. 30.000 /siswa dengan peserta  cukup banyak, salah satunya di wilayah UPTD Leuwimunding dengan setiap peserta di bebani Rp. 30.000 dengan jumlah peserta 700 orang siswa.
Ketika TIM WIP mengunjungi lokasi kegiatan di Desa Jayi, peserta  mengakui bahwa adanya beban biaya yang harus di tanggung peserta, adapun yang dirasakan peserta dari  dana tersebut, transport memakai kendaraan truk dengan kondisi berdesakan  sementara untuk mamin di sediakan minum dalam gallon isi ulang sementara untuk makan bawa sendiri/ masak sendiri.
“Penggunaan  dana BOS tersebut sudah maksimal sesuai dengan juknis, akan tetapi dalam penyerapan anggaran tersebut pihak dinas ikut andil.” Ujar seorang guru.
Melihat kenyataan itu, pihak sekolah berusaha untuk mencari alternative lain, dengan alasan yang bervariasi seperti jarak tempuh ke tempat kegiatan dan lain-lain, sehingga diduga mencari suatu keuntungan dari hasil pungutan. *Ding.

Tidak ada komentar: