Wartawan WIP dilengkapi dengan kartu identitas, pin, surat tugas liputan dan tercantum dalam box redaksi. Bagi yang tidak dilengkapi dengan identitas resmi dan namanya tidak tercantum dalam box, redaksi tidak bertanggung jawab

4 Maret 2012

WTS Banyak Berkeliaran di Wilayah Bogor Timur


BOGOR, WIP
Di era jaman yang semakin maju dan modren. Banyaknya pengaduan dari berbagai intansi baik pemerintahan desa maupun dari sekolah-sekolah bahwa sering kedatangan yang mengaku  wartawan.
Temuan kami (WIP) dilapangan ternyata benar, banyak Wartawan Tanpa Surat Kabar (WTS) atau sering disebut wartawan “Bodrek” berkeliaran di wilayah Bogor Timur, khususnya kecamatan Citeureup, kecamatan Sukamakmur, dan kecamatan Kalapanunggal.
Penulusuran WIP dilapangan,  bahwa WTS itu hanya mengandalkan ID Card atau Kartu Tanda Anggota (KTA) dari suatu lembaga. Dalam menjalankan tugasnya mereka biasanya hanya menyodorkan KTA saja tanpa Koran dan itu pun terkadang KTA nya sudah tidak berlaku.
Wartawan, dalam menjalankan tugasnya selalu dilengkapi tanda pengenal seperti KTA, surat tugas liputan dan tercantum di dalam BOK Redaksi. Bagi intansi yang kedatangan wartawan, tolong pertanyakan KTA, Surat tugas liputan, dan korannya. Lalu cek di BOK redaksinya, atau bisa mnghubungi langsung ke kantor redaksi yang bersangkutan untuk mengetahui ada tidaknya nama si wartawan tersebut. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penipuan, pemerasan ataupun intimidasi oleh wartawan (gadungan).
Kepada pihak yang berwajib khususnya kepolisian, tolong segera berantas meraka yang mengatasnamakan ‘wartawan’! dan kepada intansi yang menemukan WTS tolong laporkan kepada pihak  kepolisian terdekat. *Achew

Tidak ada komentar: