Wartawan WIP dilengkapi dengan kartu identitas, pin, surat tugas liputan dan tercantum dalam box redaksi. Bagi yang tidak dilengkapi dengan identitas resmi dan namanya tidak tercantum dalam box, redaksi tidak bertanggung jawab

14 Januari 2015

Korupsi Di BBWS Citarum, dan Diskimrum Jabar Sekira Rp14.556Miliar


JAWA BARAT,WiP.
Proye krehabilitasi saluran Sungai Belanakan pada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum sebesar Rp7.905 miliar, patut diduga dikorupsi secara sistimimatis yang melibatkan banyak pihak.Kasus ini diklaim sedang ditangani oleh Kejaksaan Negeri Subang berikut beberapa kasus lainnya yang merugikan Negara, ha lini sudah masuk dalam tahap penyidikan dan tuntutan, ujar Kasi Intelejen Choky Maraden Hutapea.

Selain dugaan kasus korupsi besar di BBWS Citarum tersebut, terdapat pula kasus yang sama besarnya yaitu, terjadi di Dinas Permukiman dan Perumahan (Diskimrum) Jawa Barat sebesar Rp6.651 miliar, proyek tempat pembuangan sampah panebong, kasus ini ditangani aparat hukum sejak tahun 2012, namun sampai sekarang belum ada kepastian ketetapan hukumnya. Oleh karena itu, kita sebagai social control harus tetap exsis mengawasinya!

Melihat demikian besarnya kasus ini dan Negara dirugikan karena uang rakyat, namun mereka tidak mampu mengatakan dengan jujur, memang berat untuk mengakui perbuatan yang melawan hukum. Pada umumnya daripada mengakui atas perbuatan salahnya, cenderung dirinya malah hidup dalam bergelimangan harta dan berpoya-poya, sogok sana sogoks ini untuk menghindari serta melimpahkan tanggung jawab dari jeratan hukum, (dasarpejabat pintarnya Cuma menghindar).

Kaitan dengan dua kasus besar ini, hendaknya para intansi hukum yang berwenang harus memproses secara propesional dan tidak pandang bulu, lalu untuk menutupi kelemahan dan kekurangan pada penegak hukum, seluruh komponen kekuatan bangsa harus bersatu untuk mengawal dan mengawasi secara ketat, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, kebijakan dan evaluasi akhir pekerjaan, karena adanya unsur korupsi telah dirancang sejak dikeluarkannya kebijakan.

SKU WIP, akan terus melakukan penelusuran lebih dalam untuk membongkar pejabat birokrasi yang korup, serakah dan siapa dalang yang membobol dana proyek ini hingga Negara dirugikan miliaran rupiah, ikuti edisi depan. *Djid

Tidak ada komentar: